Klik untuk memperbesar

HALAMAN DEPAN
DARI REDAKSI
ARAHAN MANAJEMEN
BERITA UTAMA
INFO DISTRIBUSI
INFO AREA
MITRA BINAAN
SUARA HUMAS
BERITA FOTO

LINK
  • PLN JATIM WEBSITE
  • FOKUS

  • LAIN-LAIN
  • Pengurus
  • Arsip
  • Buku Tamu

  • REDAKSI
    Alamat :
    Embong Trengguli 19-21
    Surabaya


    Telepon :
    (031) 5340651 - 55
    ext 716


    Fax :
    (031) 5318294

    Website :
    http://infodis.pln-jatim.co.id

    E-Mail :
    humasjatim@pln.co.id

    Visitor
    303226
    Since July 20th, 2007
    [ ]
      Edisi : IV / 2010
     
    KEIMANAN NABI IBRAHIM MENJADI SURI TELADAN HAMBA ALLAH SWT DI DUNIA

    Gema takbir terdengar dimana-mana. Hari itu tepatnya Jumat (27/11) lalu, umat Islam di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia memperingati hari besar Idul Adha 1430 H. Di tempat-tempat terbuka dan di Mesjid-mesjid umat Islam melakukan Sholat Idul Adha sebagaimana yang dilakukan oleh umat Islam sebelumnya, karena ibadah tersebut merupakan perintah dari Allah SWT.

    Bagaikan gelombang, masyarakat yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat baik dari kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas berduyun-duyun mendatangi tempat sholat Idul Adha. Dan kalau sudah demikian, dimata Allah tidak ada yang membedakan diantara mereka.

    Anak-anak hingga orang dewasa membaur pagi itu. Usai melakukan Sholat Idul Adha dan mendengarkan ceramah dari Imam yang telah ditunjuk oleh panitia, mereka bersalam-salaman antara yang satu dengan yang lain. Wajah ceria diantara para jamaah terlihat jelas memancar karena ibadah yang mereka lakukan pagi itu merupakan salah satu bentuk Iman kepada Yang Maha Kuasa.

    Sebagian dari mereka harus tinggal untuk melakukan penyembelihan hewan korban yang telah disumbangkan oleh masyarakat. Selanjutnya hewan yang sudah disembelih lalu dipotong-potong menjadi beberapa bagian dan untuk selanjutnya dibagikan kepada para Dhuafa atau fakir miskin yang sabar menunggu sejak pagi.

    Khusus untuk keluarga besar PT PLN(Persero) Distribusi Jatim tidak pernah melewatkan acara tersebut setiap tahunnya. Untuk tahun 2009 ini upacara memperingati hari besar Idul Adha dipusatkan di APJ Gresik Jl Dr. Wahidin Sudirohusodo 134, Kebomas, Kabupaten Gresik.

    Setelah melakukan Sholat, seluruh jamaah menuju panggung yang telah disiapkan oleh panitia. Hadir dalam kesempatan itu GM Distribusi Jatim Moch. Soelastyo beserta jajarannya.

    Acara memperingati hari raya Idul Adha diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Wahyu Dwianto dan sambutan GM serta doa.

    Dalam acara itu, secara simbolis GM menyerahkan hewan kurban Sapi kepada panitia. Dan sesuai dengan laporan jumlah hewan kurban khususnya sapi terkumpul 21 ekor(belum termasuk kambing). Rincian sumbangan sapi yang disembelih hari itu untuk Distribusi Jatim 5 ekor, APJ Gresik 3 ekor, APJ Sidoarjo 1 ekor, APJ SBS 3 ekor, APD 2 ekor, APJ SBU 3 ekor, AP SBB 1 ekor, AJ SBB 1 ekor dan JP Surabaya 2 ekor.

    Peringatan Idul Adha tidak lepas dari sejarah keimanan dari Nabi Ibrahim AS. Waktu itu dia diperintahkan untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail AS. Perintah itu sangat berat dilaksanakan karena seperti diketahui Nabi Ibrahim lama sekali tidak diberi keturunan.

    Namun perintah itu tidak mengendurkan keimanannya dan mengajak anaknya ke satu tempat dan diberi tahu tentang maksud dari perintah tersebut. Nabi Ismail pun tidak menolak dan meminta kepada ayahnya untuk melaksanakan perintah Tuhan.

    Allah Maha Besar, begitu akan disembelih Tuhan menggantikan sosok Nabi Ismail dengan seekor kambing. Kejadian itu adalah kekuasaan Allah SWT. Dan saat itu pula ditetapkan sebagai hari besar Islam Idul Adha.(p)

    Komentar untuk "KEIMANAN NABI IBRAHIM MENJADI SURI TELADAN HAMBA ALLAH SWT DI DUNIA"
    Tinggalkan komentar anda




     
    2007 PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur.